Memuat opini, berita, komentar, kata mutiara dalam kehidupan, termasuk beberapa cerpen saya yang terbit di media cetak.

Minggu, 12 September 2010

Satire: Gila Jilat.



Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, Departemen Pendidikan Nasional, Balai Pustaka, ada 9 kata gila. Dan arti gila adalah sakit ingatan (kurang beres ingatannya); sakit jiwa (syarafnya terganggu atau pikirannya tidak normal).

Dalam kehidupan ini, kita sering mendengar kata Gila Harta dan Gila Uang. Gila Harta artinya terlalu mengejar-ngejar kekayaan. Sedangkan gila Uang artinya mata duitan. Ada pula Gila Hormat yaitu terlalu ingin dihormati orang lain. Tahu pulakah anda bahwa Gila Sasar artinya sangat gila, dan Gila Bayang-bayang artinya rasa menginginkan sesuatu yang tidak mungkin tercapai.

Tapi ada 1 kata yang sangat saya harapkan menambah kosa kata gila dan masuk dalam kamus besar Bahasa Indonesia, yaitu Gila Jilat. Jenis gila yang satu ini sangat terasa hadir dalam kehidupan kita sehari-hari. Bahkan sangat banyak manusia yang mengaguminya sehingga tidak merasa sungkan sedikit pun untuk “menjilat-jilat”, misalnya menjilat-jilat atasannya agar hartanya terus bertambah, pangkatnya terus naik, dan semakin membutuhkan rasa hormat dari orang lain. Itulah arti kata Gila Jilat.

Timbul Nadeak.

1 komentar:

  1. Tulisan pendek ini kubuat karena beberapa bulan terakhir ini aku sering merasa jengkel melihat tingkah-polah manusia.

    BalasHapus